Sumpah Pemuda di Era Digital

 SUMPAH PEMUDA DI ERA DIGITAL


sumber gambar : disini

Assalamualaikum pemuda-pemudi, Salam sejahtera untuk kita semua :)
Masih ingat tanggal 28 November 1928? Ya, Hari memperingati Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Untuk mengingat Sumpah Pemuda coba dibaca bunyi 3 putusan pada sumpah pemuda ini :
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu,tanah Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Semakin berkembangnya zaman dari tahun ke tahun kita sebagai generasi muda masa kini merasakan era yang digital, bener ngga? maksud dari era digital ini, semua sudah serba teknologi nan canggih dan praktis. Kita bisa mengekspresikan kreativitas bahkan mood kalian yang tanpa batas. Mulai dari adanya google dimana kalian yang mau cari info atau pengetahuan atau tanya-tanya semua bisa lewat google ini, adanya aplikasi sosial media yaitu ada BBM, TWITTER, dan masih banyak lagi, share foto/video serta bisa unjuk kreatif dengan edit video seperti INSTAGRAM, VIVA VIDEO,dll.  kemudian ada YOUTUBE yang memungkinkan kalian bisa cari video apa aja disini, tentunya masih banyak yang lebih canggih dan keren ya.

Dengan adanya era digital ini, tetap kita tidak bisa melupakan sumpah pemuda yang sudah jadi catatan sejarah ini. Justru di masa modern seperti sekarang ini kita bisa lebih mudah dan hebat mengekspresikan sumpah pemuda untuk Indonesia bahkan dunia. Harus tetap diingat dan dikenang. Jadi, Bagaimana Sumpah Pemuda Di Era Digital ?

  1. Kita terkadang masih merasa malas belajar, atau kurang informasi. Padahal Belajar mencari ilmu untuk generasi muda apalagi di zaman modern seperti sekarang ini  merupakan pengamalan dari sumpah pemuda di era digital. Belajar dan mencari seluas-luasnya sudah sangat mudah dan didapatkan darimana saja. Contohnya Browsing/mencari-cari di internet seperti lewat Google, Wikipedia, dan sebagainya. 
  2. Media Sosial. Siapa yang tidak tahu Facebook? Twitter? Instagram? tumblr? dan sosial media lainnya. Melalui sosmed kita bisa menunjukan dan membakar semangat sumpah pemuda, mungkin dengan status dengan hastag (#SumpahPemuda), gambar atau video yang dibagikan (dengan tema sumpah pemuda), atau mungkin dengan memberi pengumuman diadakannya lomba bertema sumpah pemuda. Seperti Blog contest, Lomba menyanyi, membuat poster dengan tema sumpah pemuda, dll. 



contoh kreativitas dan ekspresif di media sosial Instagram, Tumblr, dll.

3. Menciptakan suatu karya yang berhubungan dengan IT atau teknologi modern juga salah satu pengamalan generasi muda pada sumpah pemuda di era digital, loh. Contohnya kalian yang suka atau hobby dengan robotik, kalian merancang & membuat robot kemudian mengikuti lomba dan menjadi juara yang mengharumkan nama bangsa Indonesia di Dunia. Atau yang pandai pemrograman dan design dapat menjadi game developer sehingga dapat membuat game.


Light Follower dari ST3 TELKOM PURWOKERTO


4. Bisnis Online atau Usaha online. Sekarang ini sudah "Internet of Things" hampir semuanya dengan internet. Memanfaatkan Internet membuat orang-orang berbisnis dengan online dan usaha online sehingga mendapat keuntungan. Bisnis online sudah banyak di mana-mana paling sering terlihat di Instagram dan baru-baru ini juga sedang booming / terkenalnya Go-Jek, yaitu bisnis jasa ojek online melalui aplikasi android. Dibalik bisnis online, pasti terdapat orang yang mendirikan bisnis tersebut tentu saja warga Indoneisa sendiri. Contohnya seperti, Nadiem MAkarim & Wita Purbaningsih.



Contoh-contoh diatas merupakan bentuk pengamalan dari Sumpah Pemuda Di Era Digital. Teknologi yang berkembang dan semakin canggih juga modern adalah salah satu faktor dari kesempatan untuk sukses. Bisa dibilang sekarang ini sesuatu bisa menjadi lebih mudah dan praktis juga cepat dengan adanya Internet, Sistem Informasi, dan teknologi yang ini semua menjadikan adanya Era Digital.
Jadi, walaupun sudah era Digital tetap kenang dan tanamkan sikap Sumpah Pemuda ya.

Lihat blog wordpress-ku juga yaa http://adindarahmis.blog.st3telkom.ac.id/ :D
 



Comments

Popular posts from this blog